2 Masalah Kesehatan pada Lansia

Orang tua di atas Umur 60 dikategorikan sebagai lansia atau lanjut usia. Karena berbagai faktor yang menyertainya pada usia ini biasanya lain muncul berbagai masalah kesehatan pada lansia. Oleh karena itu perawatan kesehatan dan asupan yang bergizi pun tetap diperlukan.

Pada usia lansia ini pun sudah banyak aktivitas yang yang dikurangi. Dimulai dari berhenti bekerja secara formal serta lebih banyak melakukan kegiatan  fisik yang tidak lagi menguras tenaga.

Penyebab Masalah Kesehatan pada Lansia

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya masalah kesehatan pada lansia. Antara lain karena kurangnya gerakan fisik,  kurang  mengkonsumsi makanan yang mengandung serat banyak,  kurang cairan dan yang terakhir adalah harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Namun, sebagian besar masalah  lansia timbul karena gaya hidup selama muda yang kurang memanfaatkan aktivitas fisik serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Ditambah dengan faktor psikologis yaitu karena tekanan pekerjaan serta kemampuan dirinya untuk menangani stres.

Sakit yang Biasa diderita oleh Lansia

Masalah kesehatan yang banyak diderita oleh selain karena faktor gaya hidup yang dilakukan selama Masih muda juga Biasanya karena adanya perubahan kehidupan pada saat masih muda dan dan saat ini.

Ditambah lagi dengan penurunan fungsi tubuh karena memang pada umur tersebut sudah mengalami kemunduran secara alamiah. Antara lain fokus mata yang berkurang, gerakan yang bertambah lambat,  serta mengalami kesulitan mencerna makanan

Osteoporosis

Osteoporosis dikenal juga sebagai pengeroposan tulang orang yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang. Pasien yang menderita osteoporosis memiliki kemungkinan besar tulang menjadi rapuh serta mudah patah ketika terjadi di kecelakaan atau jatuh.

Pengeroposan tulang ini disebabkan karena pada masa lalu kalsiium tidak dapat menyerap secara maksimal ke dalam tulang. Bisa jadi karena kekurangan mineral ini serta jumlah vitamin D yang tidak mencukupi. Sehingga proses penyerapannya tidak maksimal.

Penyakit Mata Katarak

Penyakit ini biasanya banyak diderita oleh lansia.  Katarak merupakan penyakit dimana pada lensa mata timbul lingkaran berwarna putih yang terjadi secara cepat dan progresif.  Lama kelamaan akhirnya membesar dan menghalangi pandangan mata.

Penyebab munculnya katarak biasanya dari kebiasaan merokok, pasien menderita penyakit diabetes, dan sering ditimpa oleh paparan sinar ultraviolet.  Pengobatannya pun harus memerlukan tindakan operasi yang dapat memakan waktu 1 sampai 2 jam.

Pada saat operasi dokter akan mengangkat lensa yang telah ditutupi oleh lingkaran putih tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian pasien dapat melihat kembali balik jangka waktu tertentu

Menangani masalah kesehatan pada lansia membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pasalnya lansia merupakan orang tua yang sudah memiliki banyak pengalaman dan biasanya tidak terlalu mudah untuk diberikan saran dan gaya hidup yang. Tetaplah berusaha berkomunikasi agar orang tua lanjut usia tetap dapat memiliki kesempatan untuk hidup aktif secara sehat dan mandiri.