4 Manfaat Diet Gula Bagi Kesehatan Anda

Table of Contents

4 Manfaat Diet Gula Bagi Kesehatan Anda

Diet gula menjadi trend kembali di tengah-tengah naiknya angka penderita obesitas karena pandemi yang membuat masyarakat terpaksa menghindari berbagai aktivitas fisik. WFH dan sekolah dari rumah menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan karena berkurangnya kegiatan di luar rumah.

Oleh karena itu sebagian memilih untuk mengurangi konsumsi gula tambahan. Selain sebagai bagian dari program diet, juga untuk meminimalisir potensi gangguan yang disebabkan oleh gula secara berlebih.

Mengenal Diet Gula

Melakukan pengurangan asupan gula sebenarnya tidak terlalu sulit. Menjadi susah karena masyarakat sudah terbiasa merasakan cita rasa manis ketika mengkonsumsi berbagai sajian, baik makanan atau minuman. Sementara, konsumsi gula disarankan paling banyak seberat 30 gram atau setara dengan 7 sendok teh per hari untuk orang dewasa.

Padahal, yang disebut gula tidak hanya berupa gula pasir saja, melainkan madu, sirup, gula tambahan pada makanan seperti biskuit, roti serta minuman siap saji lainnya. Jika Anda perhatikan, pada label kemasan, akan tertera berapa jumlah pemanis yang ditambahkan oleh pabrikan.

Manfaat Diet Gula

Pengurangan asupan gula ini tidak hanya memiliki manfaat  untuk menurunkan berat badan, tetapi juga berdampak pada kesehatan Anda. Alasannya, gula  yang tidak terpakai akan disimpan sebagai cadangan energi. Jadi, apakah bisa membayangkan jika semua cadangan tersebut tidak pernah digunakan oleh tubuh?

Meminimalisir Kanker

Berdasarkan penelitian, kadar gula yang tinggi, ternyata dapat memperbesar resiko mengalami kanker kulit, penuaan dini, peradangan serta jerawat. Pola makan yang tidak sehat, terlalu berlemak, mengandung gula tinggi, serta garam akan mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.

Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Walaupun sudah mengetahui penyebabnya, masih saja banyak yang tidak dapat mengendalikan ketergantungannya pada asupan gula.

Oleh karena itu, mengontrol jumlah asupan gula sesuai dengan yang disarankan akan meminimalisir faktor resiko Anda menderita diabetes. Ditambah dengan gaya hidup sehat lainya, misalnya lebih banyak mengkonsumsi serat dari buah dan sayuran.

Mengurangi Lemak Dalam Tubuh Terutama Perut

Melakukan pengurangan asupan gula secara signifikan akan membantu Anda memperbaiki keadaan lemah tubuh. Dengan demikian dalam mengurangi jumlah lemak yang berada pada organ vital antara lain pankreas, usus, dan hati.

Merasa Lebih Berenergi

Gula memang di dalam tubuh akan diubah menjadi energi, namun jika terjadi penambahan kadarnya dari sumber makanan non karbohidrat, keadaan demikian akan membuat energi menjadi semakin berkurang. Akan timbul rasa kantuk, karena tubuh memerlukan proses untuk mengolahnya.

Kini Anda mengetahui pentingnya diet gula bagi kesehatan. Mulailah sekarang dengan langkah yang sederhana, yaitu mengurangi konsumsi makanan dan minuman cepat saji yang  selain memiliki tambahan garam tinggi, juga mempunyai kadar gula yang cukup besar.