4 Sumber Pangan Nutrisi Anak Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Table of Contents

4 Sumber Pangan Nutrisi Anak Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Agar anak selalu bertumbuh dalam keadaan optimal, maka yang perlu dipastikan adalah asupan nutrisi anak. Sebab, dari situlah kebutuhan gizinya akan akan terpenuhi. Tanpa adanya hal tersebut, maka anak akan mengalami hambatan dalam pertumbuhannya.

Sumber Pangan Nutrisi Anak

Perolehan nutrisi anak tentu saja berasal dari sumber pangan yang dikonsumsinya. Anak akan mendapatkan semua kebutuhan gizinya dengan berbagai macam variasi olahan. Sebab, tidak ada satupun bahan pangan yang akan memiliki seluruh perlengkapan yang dibutuhkan. Oleh karenanya harus bervariasi.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama bagi energi tubuh. Untuk memastikan bahwa anak mendapatkan kalori yang baik, maka kebutuhan terhadap sumber pangan ini harus tercukupi.

Ibu dapat menyediakan variasi karbohidrat yang ada untuk menggantikan nasi putih, Pilihannya adalah beras merah, ketan hitam, produk gandum, umbi-umbian, jagung, serta tepung non gandum lainnya. Antara lain tepung beras, tepung beras, atau tepung jagung.

Protein

Nutrisi ini digunakan oleh tubuh untuk melakukan proses pertumbuhan sel-sel tubuh serta regenerasi jaringan tubuh. Sehingga, anak dapat bertumbuh dengan pesat. Kebutuhannya akan protein meningkat sejalan dengan perkembangannya. terutama untuk mendukung tinggi dan berat badan yang optimal.

Sumber bahan pangan untuk protein pun amat kaya. Ibu jangan sampai terpaku hanya dengan daging-dagingan saja, terutama ayam dan sapi. Tetapi juga dapat memanfaatkan yang lainnya. Antara lain kacang-kacangan dan makanan laut. Namun, memang perlu diperhatikan apakah ada riwayat alergi terhadap keduanya.

Pada umumnya, memang sumber protein yang mudah didapatkan adalah daging ayam dan sapi. Tetapi, ibu juga dapat memanfaatkan telur unggas sebagai sumber protein yang lainnya. Misalnya telur ayam, telur bebek, serta telur burung puyuh. Jadikan ketiganya sajian yang berbeda setiap harinya.

Pilihan lain menggunakan sumber protein dari laut, yaitu ikan-ikanan, udang,  kerang, dan rumput laut. Tidak hanya protein hewani, ibu juga memanfaatkan yang bersumber dari nabati, misalnya kacang kedelai, kacang panjang, kacang hijau, kacang tolo, dan lain sebagainya.

Lemak

Kebutuhan lemak pun harus terpenuhi dengan baik. Sebab, nutrisi ini juga diperlukan tubuh sebagai cadangan energi dan pembentukan hormon tertentu. Sumbernya tidak jauh berbeda dengan protein. ibu bisa mengandalkan daging ayam atau sapi. Aneka macam telur atau yang berasal dari nabati,antara lain santan dan alpukat.

Serat, Vitamin, dan Mineral

Kebutuhan ini dapat terpenuhi dari berbagai macam sayuran serta buah-buahan beraneka macam warna. Sebab tidak semua sumber pangan tersebut memiliki kandungan gizi yang sama. Semua sayuran mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus.

Ibu dapat memvariasikan sajian utama yang akan dihidangkan pada anak setiap harinya, untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Tambahkanlah susu pertumbuhan agar kelengkapan gizinya maksimal.