5 Cara Persiapan Biaya Nikah dengan Gaji Rp5 Juta

Menikah merupakan momen yang sangat diinginkan oleh semua orang. Apalagi pernikahan bisa merupakan momen sekali dalam seumur hidup dengan orang tersayang. Butuh persiapan yang baik secara mental dan finansial sebelum hari bahagia datang. 

Agar terealisasi dengan baik, ada hal yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan selain cicilan barang rumah tangga. Salah satunya adalah biaya pernikahan. Mempersiapkan biaya pernikahan bukanlah hal yang mudah. 

Apalagi untuk pasangan yang memiliki penghasilan pas-pasan, ada baiknya membuat perencanan dengan pasangan secara bersama-sama.

Berikut ada 5 cara Persiapan Biaya Nikah dengan Gaji Rp5 Juta per bulan.

1. Biaya Mahar atau Mas Kawin

Biaya mahar atau mas kawin sangat penting. Mahar atau mas kawin bisa dikatakan sebagai harta yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Tentunya sebagai laki-laki saat mau melangsungkan pernikahan, harus mempersiapkan dan mengetahui mahar atau mas kawin apa yang akan diberikan nanti.

Untuk mahar bisa berupa seperangkat alat sholat, kain batik, emas perhiasan hingga logam mulia. Jumlah dan ukuran kembali pada kesepakatan pasangan. Dipertimbangkan juga dengan adat istiadat setempat. Yang jelas, urusan mas kawin ini agar mempelai wanita bisa tampak bernilai, sementara mempelai pria juga membuktikan kesungguhannya untuk mendapatkan pujaan hatinya.

2. Biaya Cincin Kawin

Cincin kawin kerap menjadi faktor yang membuat bingung calon mempelai. Ada baiknya memilih cincin kawin jangan terlalu memaksakan memilih yang mewah, itu bisa menjadi salah faktor yang menyulitkan.

Lebih baik tentukan anggaran biaya cincin kawin, bukan dari bentuk atau aksesorisnya semata. Misalnya menentukan harga yang masih bisa terjangkau seperti Rp2 juta per cincin. Dengan mengetahui anggaran yang keluar untuk cincin kawin, sangat memudahkan kedua mempelai untuk memilih cincin kawin yang sesuai dengan bujet. Jadi, nantinya tidak akan bingung pada saat proses pembelian.

3. Biaya Gedung

Biaya gedung pernikahan tidak kalah penting untuk dipikiran. Gedung untuk pernikahan dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Misalnya untuk memilih hotel atau tempat gedung khusus untuk pernikahan akan memakan biaya yang cukup banyak.

Sebisa mungkin agar mencari gedung yang sesuai dengan budget. Apalagi di Jabodetabek banyak gedung yang dengan kisaran yang tinggi.

Solusinya adalah kamu bisa mempergunakan gedung pernikahan yang tidak terlalu banyak menampung banyak tamu undangan. Misalnya gedung dengan tamu undangan maksimal 100 atau 200 orang saja. Belakangan tren menggelar pernikahan di café atau resto kecil untuk undangan terbatas.

Atau dengan menggelar pernikahan di rumah saja juga bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau meski harus menyiapkan ekstra energi. 

4. Biaya Katering & Dekorasi

Komponen biaya catering dan dekorasi merupakan biaya yang sangat besar. Opsi biaya katering memang banyak disiasati dengan menggandeng tetangga atau kerabat sendiri untuk membantu memasak. Atau jika ingin memesan dari katering bisa untuk memilih opsi yang masuk dengan bujet.

Biaya dekorasi juga jangan sampai ketinggalan. Agar terlihat menarik kamu bisa menggunakan dekorasi pernikahan yang simple namun masih memiliki nuansa pernikahan yang cantik.

5. Biaya Makeup dan Dokumentasi

Biaya make up dan dokumentasi adlaah komponen yang tidak boleh ketinggalan bagi kedua calon mempelai. Agar terlihat lebih elegan dan cantik sebaiknya kamu mencari informasi dari jauh-jauh hari tentang biaya rias agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Atau bisa menggunakan makeup yang natural. Untuk busana, kamu bisa menyewa dari butik yang khusus untuk penyewaan busana pengantin.

Biaya dokumentasi jangan sampai ketinggalan. Biaya penyewaan fotografi juga banyak opsi untuk menjadi pilihan kamu. Tidak lupa tentunya pilihlah yang sesuai dengan bujet yang ada.

Semua persiapan tersebut akan lebih baik jika dipertimbangkan juga dengan biaya peralatan rumah tangga. Kerap kali pengantin baru tidak menganggarkan kebutuhan rumah tangga. Seperti kasur, peralatan dapur, hingga furniture. 

Meskipun saat ini sudah ada kemudahan cicilan barang secara online, tetap harus dipersiapkan sejak dini. Bahkan sebelum melangsungkan dan menganggarkan biaya pernikahan.

Soal cicilan barang pun tetap harus jadi pertimbangan khusus terutama saat ini masih ada beberapa pinjol ilegal. Bahkan beberapa pinjol yang sudah terdaftar pun berubah statusnya menjadi tidak terdaftar. Jika ingin yang pasti, alternatifnya adalah Kredivo yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK sebagai perusahaan multifinance.

Kredivo memberikan kemudahan cicilan barang dengan tenor hingga 12 bulan. Malahan ada fitur cicilan 3 bulan tanpa bunga, cukup bayar biaya admin saja sebesar 3%. Kemudahan tersebut hanya bisa kamu dapatkan lewat Kredivo. Limit pinjaman bisa mencapai Rp30 juta dengan proses pendaftaran dan pengajuan secara online.

Kredivo bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dana tunai bisa dipakai untuk biaya kekurangan pernikahan sehingga kamu tetap ada bujet cadangan jika dibutuhkan.  

Itu merupakan 5 Cara Persiapan Biaya Nikah dengan Gaji Rp5 Juta. Sebaiknya harus ada persiapan dengan matang agar momen bahagia kamu bisa berjalan dengan lancar. Jalin terus komunikasi antara keluarga calon mempelai agar bisa mengakomodasi masing-masing keluarga dalam satu acara yang sama.