Berapakah Takaran Makanan Kucing yang Tepat Setiap Harinya?

Berapakah Takaran Makanan Kucing yang TepatKucing merupakan salah satu hewan menggemaskan yang biasa dipelihara oleh para catlovers. Dalam memelihara kucing, tentunya harus memperhatikan segala sesuatu terkait kucing, termasuk takaran makanan kucing.

Takaran makanan yang pas tentunya baik untuk kesehatan kucing dan bisa membuat kucing tumbuh dengan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.

Siapa sih yang tidak ingin kucing peliharaannya tumbuh sehat? Semuanya pasti menginginkan hal itu. Porsi makan kucing yang pas bisa diketahui dari berbagai faktor, diantaranya yaitu faktor usia, tingkat aktivitas, bahkan berat badan kucing itu sendiri.

Takaran Makanan Kucing yang Tepat

Takaran makanan kucing perlu diketahui oleh semua catlovers, tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit pada kucing akibat kelebihan atau kekurangan makanan.

Aturan makan kucing sebetulnya sudah tertera di kantong makanannya. Tetapi, terkadang kita membeli pakan kiloan atau repack yang dijual menggunakan plastic polos, karena itulah feeding guidelines nya tidak bisa ditemukan.

Eits tapi kamu tidak usah khawatir karena pada artikel ini akan dibahas secara detail mengenai takaran makanan yang pas untuk kucing, disimak baik-baik ya!

Porsi atau Takaran Makanan Kucing per hari

Takaran makanan kucing bisa ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya berat badan. Kucing dengqn berat badan 3kg membutuhkan asupan makan 38-46gram seharinya.

Kita anggap saja kebutuhan makan rata-rata kucing sehari sebanyak 42gram. Jika kucing diberi makan 2 kali, itu artinya kamu perlu memberikan sebanyak 21gram dalam sekali makan.

Nah untuk kitten, makanan yang diperlukan biasanya lebih banyak karena mereka banyak menghabiskan energi untuk bermain sehingga tidak mudah gemuk seperti kucing dewasa.

Lalu bagaimana cara menakarnya? Apakah kamu perlu menimbang etiap kali akan memberi makan kucing? Jawabannya tentu tidak. Kami mempunyai cara mudah untuk kamu menakar makanan kucing.

Kamu bisa mengukur takaran makanan kucing menggunakan sendok takar detergen. Satu sendok takar detergen biasanya memuat kurang lebih 25gram. Itu artinya, dalam sehari kamu hanya perlu memberikan dua sendok takar tersebut (satu sendok sekali makan).

Berapa kali memberi makan kucing dalam sehari?

Kucing merupakan hewan yang suka akan sesuatu yang teratur, karena itulah waktu untuk pemberian makan pada kucing pun harus teratur.

Berikan makan pada kucing 2 sampai 3 kali sehari, kamu bisa memberinya makan pagi hari dan sore hari. Sebagai Kamu bisa buat jadwal memberi makan kucing berdasarkan jam, contohnya makan pagi setiap jam 07.30 dan makan sore pukul 16.00. Di tengah hari, kamu bisa memberikan snack untuk mengganjal perut kucingmu.

Memberikan makan tepat waktu dan terjadwal pada kucing mampu membuat kucing lebih disiplin dan jadwal pup juga teratur.