Berikut Ini Obat Tetes Mata Anak

7 Rekomendasi Obat Tetes Mata yang Aman untuk Anak | Popmama.com Community

Karena disebabkan oleh berbagai faktor terkadang anak akan merasakan sakit pada matanya. Jika si kecil mengalami kondisi itu, bunda bisa coba mengatasinia dengan menggunakan obat tetes.

Sebagai rekomendasi, berikut sejumlah obat tetes mata anak yang bisa bunda gunakan untuk mengobati mata si kecil:

Obat Tetes Mata Anak

  1. Erlamycetin Plus

Obat tetes mata ini mampu mengatasi peradangan mata akibat infeksi bakteri. Pasalnya, Erlamycetin Plus mengandung zat aktif antibiotic chloramphenicol dan dexamethasone yang dapat melawan bakteri penyebab peradangan.

 

Erlamycetin Plus termasuk obat tetes keras sehingga membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya. Selain itu, obat tetes mata ini juga tidak disarankan untuk anak yang berusia dibawah 2 tahun.

 

  1. Matafres

Matafres merupakan obat tetes mata yang bisa digunakan untuk semua kalangan manusia, termasuk anak-anak.

 

Obat tetes mata ini tidak menggunakan pengawet sehingga tidak menimbulkan efek samping pada mata anak.

 

matafres bisa digunakan untuk meredakan iritasi dan mata kering pada si kecil. Yang menariknya, obat tetes mata anak yang satu ini memiliki kemasan yang kecil sehingga memudahkan bunda membawanya dan praktis untuk dimasukkan ke dalam tas.

 

  1. Lion Smile Kids Eye Drop

Obat tetes mata anak yang satu ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman digunakan untuk si kecil.

 

Lion Smile Kids Eye Drop memang diformulasikan untuk mengatasi mata gatal, mata merah, iritasi ringan, dan mata lelah pada anak.

 

Untuk anak yang berusia dibawah 15 tahun, bunda bisa memberikan obat yang satu ini sekitar 3-6 kali sebanyak 1-3 tetes di mata yang terdampak.

 

  1. Cendo Xitrol

Cendo Xitrol merupakan obat tetes mata anak yang memiliki kandungan neomycin sulphate dan polymyxin sulphate yang cocok digunakan untuk mengatasi mata gatal anak yang disebabkan oleh bakteri.

 

Selain itu, kedua bahan aktif dengan kandungan dexamethasone di dalamnya sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan. tersebut juga mampu mencegah infeksi bakteri pascaoperasi mata. Bukan hanya itu.

 

  1. Insto Regular

Insto merupakan salah satu obat tetes mata yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

 

Insto mampu meredakan iritasi pada mata karena mengandung hidroksi propil metal selulosa dan benzalkonium klorida.

 

Nah, untuk mengatasi iritasi mata pada si kecil yang disebabkan karena terlalu lama berada di ruang ber AC, maka bunda bisa coba menggunakan Insto Regular.

 

Bukan hanya itu, Insto Regular juga bisa digunakan untuk mengatasi mata kering pada anak karena terlalu lama melihat gadget atau televisi.

Obat Tetes Mata Anak Alami

  1. Air Garam

Selain sebagai bumbu masakan garam juga ternyata bisa digunakan sebagai obat tetes mata anak yang alami. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, bunda cukup menambahkan satu sendok garam ke dalam beberapa cangkir dan menghangatkannya. Larutan ini bisa bunda gunakan untuk menghilangkan kotoran atau kerak yang mengeras di mata si kecil. Bunda juga bisa menggunakan kapas lalu dicelupkan ke dalam air larutan dan tempelkan pada kelopak mata untuk mengurangi infeksi.

 

  1. Minyak Chamomile

Minyak chamomile memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah bisa digunakan sebagai obat tetes mata anak.

 

Minyak chamomile mengandung berbagai unsur antiinflamasi sehingga bisa digunakan untuk mengobati infeksi mata anak.

 

Karena minyak esensial yang satu ini sangat pekat sehingga tidak boleh digunakan di sekitar mata bahkan dalam bentuk encer sekalipun.

 

Pasalnya, anak memiliki kulit sensitive dan bisa mengalami sensasi terbakar serta iritasi saat dioleskan di sekitar mata. Maka dari itu, hindari mengoleskannya langsung ke mata.