Berikut Penjelasan Rukun Shalat Jenazah, Simak!

Table of Contents

Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum dan Rukun-Rukunnya

Dalam agama Islam seorang laki-laki muslim diwajibkan untuk menjadi imam baik dalam shalat mau pun dalam berkeluarga. Hal itu memang sejalan dengan sifat dan karakteristik lelaki yang cenderung lebih dominan ketimbang perempuan. Maka dari sebagai laki-laki diwajibkan untuk menjadi imam shalat.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai shalat, lebih tepatnya shalat jenazah. Dimana kita akan mengulas tuntas Penjelasan tentang rukun dalam shalat jenazah. Maka dari itu, bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

Shalat jenazah sangat penting untuk dilaksanakan, agar sepulangnya jenazah untuk menghadap Ilahi atau sebelum masuk ke dalam liang lahat, maka doa sholat jenazah dapat membantu menjadi penerang dalam gelapnya liang lahat. Mengetahui rukun shalat jenazah sangat penting untuk membantu kita memahami step selanjutnya yaitu doa sholat jenazah. Pasalnya banyak sekali kamu muslim di Indonesia yang belum paham tentang rukun sholat jenazah.

Shalat jenazah merupakan sholat yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu wajib dilakukan, tetapi jika sudah ada seorang muslim lainnya yang melakukan shalat jenazah, maka hukum wajib tersebut menjadi gugur.

Berbeda dari sholat fardhu, sholat jenazah dipanjatkan setiap empat takbir, selain itu terdapat doa sesudah melaksanakan shalat jenazah. Dalam sholat jenazah terdapat doa yang cukup mudah dihafal dan tidak membatalkan shalat. Walaupun cukup mudah dihafal jika kita tidak memiliki niat untuk menghafalnya, maka hal itu juga menyulitkan. Maka dari itu, menghafal rukun sholat jenazah juga dibutuhkan niat yang kuat agar kita dapat memahami rukun sholat jenazah dengan baik dan benar. Nah langsung saja, berikut ini penjelasan terkait rukun sholat jenazah.

 

Rukun Sholat Jenazah

Agar kita tidak salah memahami dan salah dalam pembahasan doa sholat jenazah, disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu terkait rukun sholat jenazah.

Seperti yang dilansir dari NU online, dalam kitab Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani yang berjudul ‘Tausyih ala Ibni Qasim’ menerangkan secara ringkas terkait 7 rukun sholat jenazah yang harus dilaksanakan. Selain itu 7 rukun ini merupakan hal yang wajib dilakukan secara berurutan, berikut penjelasannya.

  1. Niat
  2. Berdiri
  3. Takbir empat kali
  4. Membaca surat al-Fatihah
  5. Membaca shalawat nabi
  6. Mendoakan jenazah
  7. Mengucap salam

Perlu diingat bahwa sholat jenazah berbeda dengan sholat lainnya yaitu tidak dilakukan dengan rukuk dan sujud, selain itu shalat jenazah tidak ada adzan dan iqamah. Terdapat hadist dari Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth. Ada yang bertanya, Apa yang dimaksud dua qiroth? Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam lantas menjawab, Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (Muttafaqun alaih). [kur]

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait penjelasan rukun sholat jenazah. Informasi di atas cukup jelas menerangkan terkait bagaimana rukun sholat jenazah harus dilakukan dengan berdasarkan sumber yang jelas dari Rasulullah SAW da para ulama. Tentunya kita tidak boleh menyimpulkan apa yang kita baca sendiri, apalagi jika itu terkait agama. Kita memerlukan penjelasan ulama, sebab ulama adalah pewaris para Nabi. Selanjutnya kamu bisa mempelajari bagaimana tata cara sholat jenazah harus dilakukan, selamat mencoba dan semoga berhasil.