Bubur Tim, Ide MPASI Pas Untuk Bayi Dengan Nutrisi Lengkap

Bubur Tim Ide MPASI Pas Untuk Bayi Dengan Nutrisi Lengkap

Ketika berbincang tentang MPASI, beberapa ibu kerap kali kebingungan dengan apa menu MPASI yang tepat untuk diberikan pada si kecil. Hal ini cukup lumrah karena pada dasarnya memang ibu harus kreatif dalam mengolah menu MPASI agar anak mereka bisa mengenal rasa dengan baik. Nah, salah satu ide menu MPASI yang bisa dijadikan pilihan adalah bubur tim.

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang jenis bubur yang satu ini, bukan?

Memang, bubur tim kerap menjadi pilihan menu MPASI. Tidak hanya mudah untuk ditelan, bubur ini pun juga bisa menunjang perkembangan anak dengan beragam nutrisi yang dikandungnya.

Apa itu Bubur Tim?

Untuk Anda yang sebelumnya belum pernah mengetahui tentang bubur yang satu ini, bubur tim merupakan bubur yang dibuat dari nasi dan sudah diolah sedemikian rupa. Proses pengolahan ini akan mengubah tekstur bubur menjadi lebih lembut dan cenderung encer. Nama bubur ini diambil dari proses pengolahannya, yaitu dengan direbus atau dikenal dengan istilah proses tim.

Nah, selain menggunakan nasi, bubur tim juga dibuat dengan campuran beberapa bahan lainnya, seperti daging ayam, brokoli, wortel, atau bahan sehat lainnya yang dipotong kecil. Proses pembuatan ini bisa dilakukan dengan cara menanak lebih lama untuk mendapatkan tekstur bubur tim yang lebih lunak tanpa mengurangi konsentrasi kandungan di dalamnya.

Kapan Bubur Tim Boleh Diberikan Pada Bayi?

Pertanyaan yang cukup sering muncul terkait bubur tim adalah waktu pemberian jenis MPASI ini pada anak. Tentu, pertanyaan ini penting karena di setiap tahapan pemberian MPASI, ada tekstur dan anjuran pemberian MPASI yang harus diketahui oleh orang tua.

Nah, terkait waktu pemberian, MPASI dengan menu bubur tim bisa diberikan pada si kecil yang berusia 9 hingga 12 bulan. Alasannya adalah di usia tersebut, bayi cenderung memiliki kemampuan adaptasi pada aneka jenis makanan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, mereka pun juga cenderung lebih mudah untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Nah, dengan memberikan bubur tim di usia tersebut, Anda bisa memberikan stimulasi dan latihan pada si kecil untuk mengunyah dan mengenal tekstur yang berbeda daripada tekstur MPASI sebelumnya.

Manfaat Bubur Tim Untuk Bayi

Tentu saja bubur tim tidak hanya menjadi variasi menu MPASI yang diberikan. Ada beberapa manfaat yang terkandung di dalamnya yang bisa dijadikan alasan kenapa menu ini penting untuk si kecil.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menguatkan jantung si kecil terutama dengan kandungan antioksidan yang ada di beberapa bahan makanan yang digunakan
  • Mengontrol jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh si kecil
  • Menjadi sumber energi yang bisa menunjang aktivitas si kecil yang cenderung mulai aktif

Dengan beragam manfaat yang didapatkan, Anda bisa memasukkan bubur tim sebagai pilihan menu MPASI. Tentu, perhatikan porsi serta frekuensi pemberian agar sistem pencernaan bayi tidak bermasalah.