Cara Mudah mengatasi Kecanduan Gadget

Cara Mudah mengatasi Kecanduan Gadget

Gadget merupakan salah satu alat yang mudah kita jumpai sekarang ini bahkan kebanyakan orang memilikinya lebih dari satu. Karena maraknya alat ini maka anak-anak pun memiliki alat ini satu per satu dalam keluarga. Akan tetapi, alat ini sebenarnya kurang bagus bagi anak karena bisa mengganggu proses belajar dan juga tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua mengetahui cara untuk mengatasi anak-anak mereka yang kecanduan gadget. Selain masalah diatas, anak yang sudah kecanduan juga bisa mengalami berbagai masalah kesehatan fisik dan juga mental.

Tips mudah mengatasi anak yang kecanduan gadget

Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mengatasi anak yang kecanduan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak aktivitas bermain secara langsung. Dengan menghabiskan waktu untuk bermain dan belajar secara langsung bukan dari layar maka anak akan beraktivitas. Cara ini juga cukup baik karena selain mencegah ketergantungan pada gadget atau gawai, bermain diluar rumah juga sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh anak. Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan contoh yang baik. Anak memang belajar dari lingkungan sekitarnya dan biasanya anak juga akan meniru kebiasaan orang tua. Dengan kata lain, anak yang sering bermain gadget bisa jadi disebabkan karena orang tuanya yang sering memegang gadget.

Dengan kata lain, agar kita bisa mengatasi kecanduan gadget yang terjadi pada anak maka kita sebagai orang tua juga perlu mengatur waktu untuk menggunakan alat tersebut secara bijak. Jangan sampai anda melarang anak untuk bermain akan tetapi anda malah terus asyik menempel pada gadget. Larangan ini tentu tidak akan membuatkan hasil. Selain itu, anda juga bisa menerapkan gaya pengasuhan jaman dulu yang mana orang tua dimasa lalu tetap bisa melaksanakan semua pekerjaan dengan baik disaat belum ada penemuan teknologi sama sekali. Hal itu terjadi karena mereka pandai mengatur waktu dengan baik antara mengasuh anak sekaligus mengurus rumah tangga.

Cara lain mengatasi anak yang kecanduan gadget

Cara lainnya untuk mengatasi kecanduan pada gawai atau gadget adalah dengan membatasi waktu penggunaan. Dengan membatasi waktu penggunaan sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya maka anda bisa sedikit demi sedikit mengurangi candunya. Terkait dengan pembatasan waktu, anak yang berada dibawah usia 2 tahun maka sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian termasuk TV, handphone, dan juga tablet. Sedangkan anak yang sudah berusia 2 hingga 4 tahun maka sebaiknya mereka bermain gadget kurang dari 1 jam sehari. Adapun usia 5 tahun keatas maka anda bisa memberi waktu 2 jam sehari untuk menggunakan rekreasional diluar kebutuhan belajar.

Selain itu, anda juga bisa mengatur anak dengan memberi jadwal agar mereka tidak kecanduan gadget. Dijaman sekarang memang susah untuk melarang secara 100% sehingga memberikan jadwal adalah cara terbaik.