Contoh Digital Marketing dan Cara Memilih yang Tercocok

Dalam satu dekade terakhir ini, pemasaran digital telah berubah menjadi komponen penting dalam strategi pemasaran suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan.

Ini dikarenakan sifatnya yang mampu menyampaikan pesan dan menjangkau audiens yang telah ditargetkan sebelumnya, sehingga memungkinkan untuk menyedot para pembeli potensial tanpa harus dihadapkan lagi dengan orang secara random.

Dikenal dengan sebutan digital marketing sebagai nama kerennya, pemasaran digital ini mencakup berbagai macam taktik yang melibatkan teknologi demi menjangkau calon konsumen potensial secara online.

Dikarenakan interaksi sosial di dalam dunia maya sendiri begitu beragam, ada banyak contoh digital marketing yang bisa kamu contek dan pilih sesuai kebutuhan.

8 Jenis Digital Marketing

Setiap jenis tentunya memiliki cara dan tekhnik tersendiri, serta peralatan yang berbeda sebagai utilitas yang dibutuhkan.

Adapun 8 contoh dan jenis digital marketing yang selalu digunakan sejauh ini diantaranya:

  • SEO
  • PPC
  • Social Media Marketing
  • Content Marketing
  • Email Marketing
  • Mobile Marketing
  • Marketing Analytics
  • Affiliate Marketing

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa masing-masing dari tekhnik ini membutuhkan alat tertentu agar bekerja dengan baik, dan website merupakan jenis media yang paling banyak digunakan.

Bahkan beberapa jenis di atas (seperti SEO, content marketing, dan PPC) seringkali disebut sebagai blog digital marketing karena membutuhkan sejenis landing page sebagai dukungan utamanya.

Jenis Termahal dan Termurah

Ada banyak orang yang bertanya apakah digital marketing itu murah atau mahal? Maka jawabannya hanya ada satu, yakni tergantung dari persaingan!

Misalnya untuk SEO, kadang dengan budget kurang dari 1 juta saja kita sudah mampu membawa website naik ke puncak gunung hasil pencarian Google.

Sebaliknya, jika persaingan ketat maka seringkali kita membutuhkan backlink dari PBN yang harganya berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah.