Ini Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Dengan Khusyuk Beserta Bacaan Latin Dan Artinya

Salah satu keutamaan Surat Al Falaq adalah akan dihapusnya dosa yang telah lalu dan dosa dimasa kini. Beberapa keutamaan dalam membaca Surat Al Falaq dengan khusyuk adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi Pelindung

Karena termasuk kedalam golongan surat Al-Mu’awwidzatain, maka setiap orang yang membaca Surat Al Falaq akan dilindungi oleh Allah SWT dari kejahatan makhluk. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW berikut ini :

“Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan-atau maukah kamu aku beritahu-sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliaupun bersabda : “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.”

(HR. An Nasa’i; shahih).

  1. Menjadi Penyembuh

Surat Al Falaq juga dapat digunakan sebagai media penyembuh. Hal tersebut berdasarkan pada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW dari Aisyah RA mengatakan bahwa : “Rasulullah apabila sakit, maka beliau akan membacakan untuk dirinya sendiri al-mu’awwiddzaat (surat – surat perlindungan termasuk Al Falaq) dan meniupkan pada tubuhnya.

Namun juga sakit itu payah sehingga menyulitkan Rasulullah SAW, maka aku (Aisyah) yang membacakannya untuk Rasulullah SAW dan kuusapkan kebadan Beliau berharap keberkahan firman itu.”

  1. Terhindar Dari Kejahatan

Ketika seseorang sering membaca Surat Al Falaq, maka dirinya akan mendapatkan salah satu keutamaannya yaitu terhindar dari kejahatan. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwasanya : “Barangsiapa yang ingin memperoleh penjagaan Allah dari orang yang bermaksud buruk, hendaknya ketika melihat orang itu memohon perlindungan dengan kekuatan Allah Azza wa Jalla dari kekuatan makhluk-Nya,

Kemudian membaca Surat Al Falaq dan ayat yang difirmankan oleh Allah Azza wa Jalla kepada Nabi-Nya Fain tawallaw faqul hasbiyallâhu lâ illâ Huwa, ‘alayhi tawakkaltu wa Huwa Rabbul ‘arsyil ‘azhim (At-Taubah : 129), niscaya Allah menyelamatkan ia dari tipu daya setiap penipu, maka setiap pemakar, dan kedengkian setiap orang yang dengki.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/717).

Jadi, ayo amalkan dengan baik ! Surat Al Falaq ini baik dibaca setiap hari dan akan menjauhkan Anda dari celaka. Membaca Surat Al Falaq masuk kedalam amalan sunah. Amalan Surat Al Falaq yang terbaik adalah membacanya sebanyak 7 kali bersamaan dengan Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan juga An-Nas setelah mengerjakan sholat. Surat Al Falaq adalah surat pendek yang memiliki sebutan lengkap urat Qul A’udzu bi Rabb al-Falaq.

Surat yang berada diurutan ke-113 dan Juz 30 dalam Al-Quran ini juga dikenal dengan surat al-Mu’awwidzatain. Berikut bacaan lengkap Surat Al Falaq latin dan artinya :

  • Ayat 1

Bacaan Latin : Qul a’uzu birabbil-falaq

Artinya : Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

  • Ayat 2

Bacaan Latin: Min syarri ma khalaq

Artinya : dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

  • Ayat 3

Bacaan Latin : Wan min syarii gasiqin iza waqab

Artinya : dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

  • Ayat 4

Bacaan Latin : Wa min syarrin-naffasati fil-‘uqad

Artinya : dan dari kejahatan (perempuan – perempuan) penyihir yang meniup pada buhul – buhul (talinya),

  • Ayat 5

Bacaan Latin : Wa min syarri hasidin iza hasad

Artinya : dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Itulah beberapa keutamaan membaca Surat Al Falaq dengan khusyuk lengkap dengan bacaan latin dan artinya.