Kenalilah Ciri-ciri Kopling Mobil Yang Rusak

Kopling merupakan salah satu komponen mobil yang berada diantara mesin dan sistem transmisi, fungsi kopling adalah untuk menyambung dan memutuskan daya dari mesin ke sistem transmisi dan yang tidak kalah pentingnya adalah kopling yaitu diperlukan untuk menggerakan pedal kopling, kemudian tekan pedal kopling.

Dilansir dari www.mobilku.org kopling memiliki peran yang sangat penting, banyak mobil mengalami kecelakaan seperti bus dan truk saat menanjak dan tidak dapat menurunkan/memindahkan ggі ke yang lebih rendah, akibatnya bus/truk atau mobil lain dapat mundur dan atau terguling , itu dimulai sebagai akibat dari kegagalan yang disebabkan oleh kerusakan kopling.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita harapkan, kita harus merawat kopling mobil kita, minimal kita tidak mengetahui mobil atau tanda-tandanya saat kopling mobil mulai rusak/bermasalah maka kita ambil ke bengkel secepatnya.

Berikut ini adalah tanda atau gejala kopling mulai rusak:

  1. Bau terbakar

Apakah Anda pernah bepergian ke daerah pegunungan / tanjakan, biasanya saat melewati tanjakan sering tercium bau yang sangat menyengat seperti karet terbakar? Nah, baunya adalah bau kampas kopling yang terlalu berlebihan untuk digunakan. Pada saat pedal kopling kita injak dan kita lepas maka terjadi gesekan antara kampas kopling dengan flywheel, sehingga jika intensitas tas terlalu sering diinjak maka gesekan juga akan semakin sering, sehingga menimbulkan panas dan jika panasnya terlalu tinggi, itu akan menyebabkan bau terbakar. Terlebih lagi jika kita menggunakan teknik half-coupling saat menanjak, yah, itu di sebelah barat kanvas dan roda gila bergesekan satu sama lain dan menyebabkan kanvas terbakar. Namun, pada pemakaian normal di perkotaan atau di jalan yang tanjakannya tidak terlalu lama, kami menemukan mobil kami sangat bau, baunya seperti banyak di tanjakan, maka kami dapat mengkonfirmasi bahwa sistem kopling mengalami masalah (rusak) , jika ada bau terbakar di kompartemen mesin sedangkan penggunaan kampas kopling wajar (tidak berlebihan/ tidak setengah-setengah) ini tanda kopling rusak, bawa ke bengkel dan periksakan.

  1. Pedal kopling saat dilepas tinggi

Setelah kita injak/injak pedal kopling, biasanya gg kita pindahkan misalnya dari netral ke gіgі 1, nah setelah kita pindah transmisi, kita harus melepas injak pedal kopling. Biasanya pada posisi tengah antara batas atas dan batas bawah pedal kopling mobil sudah bisa bergerak, namun jika posisinya terlalu tinggi untuk bisa bergerak, maka anda harus menyiapkan budget untuk mengganti kampas kopling karena itu sudah diperbaiki (lihat dulu).

Jika pedal kopling kencang, berarti tekanan tinggi untuk menggerakkan mobil, sebaiknya periksa ke bengkel karena bisa disetel atau kampas kopling sudah aus, bahayanya jika yang terjadi adalah kopling lapisan terlalu ketat. Kopling yang macet ini menyebabkan gesekan yang membakar/melelehkan plat kopling sehingga plat kopling akan sulit dilepas dan pedal kopling akan sulit untuk dinaiki. Sebaiknya sebelum terjadi kopling kencang, para pecinta otomotif mengganti kampas kopling terlebih dahulu.