Macam-Macam Kopi Espresso Based yang Perlu Diketahui

Macam Macam Kopi Espresso Based yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang sudah lama menjadi penikmat kop, tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah espresso based, bukan? Ya, istilah tersebut digunakan untuk membuat macam-macam kopi yang didasari oleh pembuatan espresso terlebih dahulu.

Nah, apa yang disebut dengan espresso?

Bisa dikatakan bahwa espresso adalah sajian kopi yang paling murni. Pasalnya, espresso sendiri dibuat dari biji kopi asli dengan ekstraksi maksimal dan jumlah air yang sedikit. Oleh karenanya, espresso hadir dengan rasa yang lebih pekat sehingga bisa dijadikan dasar untuk pembuatan minuman kopi lainnya.

Ragam Jenis Kopi Espresso Based

Berbincang tentang kopi espresso based, ada beragam jenis kopi yang menarik dan perlu Anda ketahui. Beberapa jenis kopi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Short macchiato

Short macchiato adalah salah satu minuman espresso based yang cukup terkenal. Memang, sekilas, short macchiato terlihat mirip dengan espresso murni. Namun, untuk membuatnya, espresso akan ditambahkan dengan steamed milk dan foam milk untuk membuat rasa espresso tidak terlalu kuat.

  • Long macchiato

Long macchiato juga dibuat dengan espresso based. Hanya saja, salah satu diantara macam-macam kopi ini dibuat dengan double shot espresso. Oleh karenanya, dibandingkan dengan short macchiato, rasa long macchiato cenderung lebih berat dan juga lebih pekat.

  • Piccolo

Pernah mendengar sajian espresso based yang satu ini? Piccolo adalah sajian kopi espresso based yang cukup terkenal di Italia. Sajian minuman ini disajikan dengan cangkir kecil ukuran espresso dan dibuat dengan konsep latte. Oleh karenanya, rasa dari piccolo cenderung lebih lembut namun tidak kehilangan rasa pekat dari espresso yang digunakan.

  • Americano

Jika Anda ingin menikmati sajian espresso based tanpa campuran susu, maka Americano adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, sajian Americano adalah espresso based yang dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:3.

Dengan tambahan air hangat tersebut, rasa Americano cenderung tidak terlalu pekat. Tidak hanya itu, sajian espresso based ini juga bisa disajikan secara dingin tanpa kehilangan kenikmatannya.

Beberapa poin di atas adalah ragam minuman espresso based yang bisa Anda nikmati. Tentu saja, selain beberapa sajian tersebut, masih ada sajian espresso based lain yang bisa dicoba seperti café latte, flat white dan lainnya.

Menikmati Espresso Based Nikmat dari Dolce Gusto

Jika Anda ingin menikmati sajian espresso based yang nikmat tanpa ribet, maka Anda bisa menikmati sajian dari Dolce Gusto. Ya, Dolce Gusto menyediakan cukup banyak produk espresso based dalam bentuk kopi kapsul.

Tentu, dengan ragam produk tersebut, Anda bisa menikmati macam-macam kopi sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, karena berbentuk kopi kapsul, Anda bisa membuat sajian kopi dengan sangat mudah dengan cara memasukkan kopi kapsul ke dalam mesin dan biarkan mesin tersebut bekerja.