Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Lobak Putih Pack 500 gr

 

Pernahkan kalian melihat sayuran berbentuk seperti wortel tetapi warnanya putih? Itu adalah lobak putih. Lobak putih ternyata memiliki berbagai macam manfaat loh, khususnya untuk kesehatan tubuh. Kalian pasti penasaran kan, apa saja manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh? Simaklah artikel ini sampai selesai!

 

Apa itu Lobak?

 

Lobak merupakan tanaman yang termasuk dalam famili Cruciferae, memiliki bentuk umbi yang hampir mirip seperti wortel tetapi dengan bentuk yang lebih bulat daripada wortel. Pada dasarnya, lobak sendiri memiliki warna kulit merah ataupun putih. Tanaman ini pada awalnya berasal dari negara Tiongkok, lalu menyebar semakin luas ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Lobak putih adalah tanaman yang bisa tumbuh di kawasan dataran rendah maupun tinggi. Di Indonesia sendiri, lobak paling banyak di tanam pada kawasan dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas, ataupun Bedugul.

Tanaman ini paling cocok ditanam pada lahan yang memiliki tanah gembur yang mengandung humus dan cenderung tidak berkerikil. Di Indonesia, perkebunan yang menghasilkan lobak sebagai komoditi utamanya ada sekitar 15.000 hektar.

Nah, untuk waktu tanam yang paling baik adalah ketika musim penghujan. Tetapi, untuk musim kemarau juga masih memungkinkan jika tersedia cukup air.

 

Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

 

Ada berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi lobak putih, berikut ini adalah beberapa diantaranya!

  1. Menurunkan Berat Badan

Lobak putih mengandung serat yang baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Serat yang terkandung dalam makanan akan lewat saja tanpa melalui proses pencernaan. Tak hanya itu, serat juga bekerja dengan baik dalam membantu melancarkan pencernaan tubuh.

Serat bisa mengikat lemak-lemak yang telah menumpuk di dalam tubuh dalam waktu yang lama. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung serat membuatmu lebih cepat kenyang, sehingga program diet bisa berjalan dengan mudah.

 

  1. Menjaga Sistem Peredaran Darah

Dalam suatu jurnal penelitian, ditemukan beberapa fakta mengenai lobak daikon. Lobak ini dipercaya mengandung senyawa tertentu yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, ada juga kandungan antioksidan yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Flavonoid adalah jenis antioksidan dalam sayur lobak yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya sistem peredaran darah.

 

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat lain dari lobak putih yang telah diketahui adalah kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini bisa terjadi karena lobak putih merupakan kelompok sayuran yang memiliki kandungan senyawa isothiocyanate yang cukup tinggi.

Senyawa isothiocyanate merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa melidungi tubuh dari berbagai macam sel penyebab kanker, hingga mencegah perkembangan tumor. Antioksidan sendiri merupakan senyama yang efektif melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

 

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Lobak memiliki indeks glikemik yang tergolong kecil, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Semakin rendah indeks glikemik yang dimiliki oleh suatu makanan, akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin serta kadar gula darah.

Hal itulah yang menjadikan penyebab mengapa lobak ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Salah satu jenis lobak, lobak jepang diketahui memiliki sifat antidiabetes yang mampu meningkatkan penyerapan gula darah.

 

  1. Mencegah Kerusakan Hati

Dalam sebuah penelitian dari Toxicological Research, ditemukan bahwa lobak putih mengandung enzim khusus yang memiliki aktivitas hepaprotektif di dalamnya. Sifat heparotek tersebut diperkirakan mampu menangkal sifat perusakan organ hati oleh agen toksi tertentu.

Oleh karena itu, mengonsumsi lobak putih dinilai mampu mencegah kerusakan organ hati.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi lobak putih bagi kesehatan. TaniHub menyediakan berbagai produk pertanian, termasuk lobak putih yang diambil langsung dari para petani Indonesia.

Membeli produk pertanian di TaniHub tak hanya mendapatkan manfaat langsung untuk diri sendiri, kalian juga bisa membantu perekonomian Indonesia dengan memberikan kesejahteraan bagi para petani. Jadi, tunggu apa lagi!

 

Source :

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-lobak-putih-kesehatan/

https://tanihub.com/blog/mengenal-lebih-dalam-seputar-lobak-putih/