Mengenal Diversifikasi dalam Bidang Investasi

Diversifikasi Adalah : Ketahui Pengertian dan Manfaatnya

Istilah diversifikasi ini ada di dalam bidang keuangan, Diversifikasi adalah sebuah strategi dalam manajemen yang biasanya di lakukan untuk memisahkan sebuah portofolio investasi jadi beberapa jenis aset.

Tujuan di lakukannya pemisahan tersebut adalah untuk mengurasi sebuah kerugian yang akan di dapatkan jika ada sebuah penurunan di sebuah nilai aset. Metode yang satu ini adalah metode yang biasa di pakai untuk melindungi portofolio investasi supaya kerugiannya tidak terlalu besar.

 

Pemahaman Mengenai Diversifikasi

Supaya lebih mudah untuk di pahami, diversifikasi ini juga bisa kita ibaratkan dengan menyimpan satu kilo telur dalam keranjang yang beda-beda, tujuannya ini supaya nanti jika ada satu telur yang busuk maka telur busuk tadi tidak akan membuat telur yang lainnya menjadi rusak dan membuat rugi.

Diversifikasi ini bisa Ada terapkan dalam bidang apa saja, tapi dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam bidang investasi. Mengapa sih seseorang ini sebaiknya melakukan diversifikasi untuk portofolio investasi miliknya? Hal ini sudah sangat jelas supaya orang tersebut tidak mengalami kerugian.

Pengertia dari diversifikasi investasi ini yaitu sebuah penempatan dana dan  juga modal di berbagai jenis instrument dalam investasi yang berbeda baik dari karakteristik, returnnya, likuiditas, dan risikonya.

 

Langkah Melakukan Diversifikasi Investasi

  • Pahami Risk Tolerance

Pertama yang harus Anda lakukan adalah pahami dan juga kenali mengenai risk tolerance. Para pemula di dunia investasi ini sering sekali melakukan kesalahan karena pikirannya ini hanya ada di keuntungan saja dan mereka ini lupa menakar dari sisi risikonya. Jadi sebelum Anda ini memilih beberapa jenis investasi sebaiknya Anda ini harus sudah memahami mengenai tingkat risk tolerance diri Anda, jadi Anda ini harus tahu beraapa besar kemampuan Anda untuk menghadapi risiko yang bisa saja tiba-tiba datang. Contohnya jika tiba-tiba ada sebuah saham yang harganya menurun drastis, ah investor pemula ini biasanya mereka ini akan lansung panic dan segera menjualnya tanpa melakukan analisa terlebih dulu. Tapi jika Anda ini sudah mengetahui tingkat risk tolerance Anda ini tidak akan bertindak dengan gegabah jika hal tersebut terjadi.

  • Menentukan Jenis Investasi

Kedua adalah memilih jenis investasi yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan serta kondisi Anda saat ini, contohnya Anda ini bisa memilih saham dividen yang cukup besar tapi memiliki resiko yang tinggi. Tapi jika Anda ini tidak siap untuk mendapatkan resiko yang cukup tinggi Anda ini bisa memilih investasi emas yang resikonya tidak terlalu tinggi.

  • Menentukan Tujuan Investasi

Hal yang ketiga ini merupakan hal yang cukup penting juga yaitu menentukan tujuan dari investasi. Jika tujuan Anda ingin menambah kekayaan investasi yang paling cocok di pilih adalah investasi dalam jangka panjang. Tapi jika investasi yang Anda lakukan ini hanya ingin menambah keuntungan saja Anda bisa melakukan investasi jangka pendek misalnya deposito dan saham

  • Diversifikasi Produk

Langkah melakukan diversifikasi juga bisa dilakukan dengan cara menanamkan sebiah dana di produk yang beda walau jenis investasi yang dipilih sama. contohnya jika Anda memilih investasi saha Anda bisa membeli sahan dari beberapa perusahaan yang beda dan jangan hanya satu bisanis, jadi jika nanti terjadi sebuah penurunan investor Anda ini masih bisa memiliki peluang bida dapat untuk dari saham yang lain.

Itu dia penjelasan mengenai diversifikasi yang ada di dalam investasi semoga informasinya bermanfaat ya!