Mengenal Paper Straw, Alternatif Gaya Hidup yang Lebih Ramah Lingkungan

Mengenal Paper Straw Alternatif Gaya Hidup yang Lebih Ramah Lingkungan

Isu tentang perubahan lingkungan di bumi makin ramai diperbincangkan. Banyak orang semakin sadar tentang pentingnya menjaga bumi dari pengaruh kerusakan lingkungan, salah satunya yaitu menerapkan gaya hidup dengan konsep friendly environment. Yuk, kenali lebih dekat tentang paper straw, si sedotan kertas yang ramah lingkungan!

Sedotan Kertas, Sedotan Jenis Apa?

Sedotan kertas adalah sedotan yang dibuat dari bahan kertas. Kertas digulung dengan teknis khusus agar menjadi sedotan yang padat dan kokoh. Hasilnya adalah gulungan kecil berbentuk tabung kosong yang bisa Anda gunakan untuk minum. Sedotan jenis memiliki karakteristik tidak mudah hancur walaupun terendam air saat Anda menggunakannya.

Tak hanya dibuat dengan tampilan asli berwarna coklat kertas, sedotan jenis ini seringkali dibuat dengan berbagai desain maupun motif yang cantik nan unik. Tampilannya yang eye catching tentu membuat banyak orang tertarik. Hal ini pun menyebabkan sedotan dari kertas tak hanya digunakan sebagai alat bantu minum tapi juga untuk hiasan di berbagai hidangan, misalnya saja kue ulang tahun.

Penggunaan sedotan kertas bersifat single-use karena hanya bisa dipakai satu kali saja. Oleh sebab itu, Anda harus bijak dalam mengelola sampah yang ditimbulkan. Karena berbahan kertas, Anda bisa memasukkan limbah sedotan ini ke dalam jenis sampah organik.

Kenapa Sedotan dari Kertas Lebih Ramah Lingkungan?

Sedotan kertas diciptakan sebagai langkah untuk mengurangi limbah plastik dari sedotan bekas minum. Plastik yang sulit didaur ulang secara alami (didegradasi) menjadi salah satu masalah serius dalam kerusakan lingkungan. Tak hanya itu, sampah plastik berisiko tertelan oleh hewan liar sehingga menyebabkan kematian. Banyaknya penggunaan sedotan plastik sangat berisiko dalam menyumbang kerusakan lingkungan yang serius.

Karena terbuat dari kertas, sedotan ini terbilang lebih ramah lingkungan. Sampah kertas lebih mudah untuk dihancurkan secara mikroorganisme tanah. Hasilnya pun akan lebih berguna untuk menjadi penambah hara dalam tanah. Dibandingkan dengan sedotan plastik yang membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai, tentu sedotan plastik dinilai lebih safety biodegradable bagi lingkungan.

Walaupun terbuat dari kertas yang mudah terurai, penggunaan sedotan kertas tetaplah harus bijak. Penggunaannya yang bersifat single-use only berisiko menyebabkan penumpukan sampah. Manajemen sampah yang buruk juga berisiko menyebabkan pencemaran limbah organik jenis ini. Tentu saja hal ini dapat memicu permasalahan baru.

4 Tips Bijak Menggunakan Sedotan Kertas

  1. Mengelompokkan dan membuang sedotan kertas bekas pakai ke dalam sampah organik
  2. Melakukan pengelolaan sampah organik dengan cara pembuatan pupuk
  3. Menggunakan teknologi sains untuk mengolah sampah lebih cepat, misalnya menggunakan bakteri pengurai
  4. Sebisa mungkin efektif dan efisien dalam penggunaan sedotan kertas dan tidak boros

Penggunaan paper straw menjadi alternatif gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah terurai. Walaupun demikian, Anda juga tetap harus bijak dalam penggunaannya. Harapannya dengan adanya lifestyle ini dapat menyumbang pelestarian lingkungan demi kebaikan bumi.