Mengupas Fitur Keselamatan Toyota Fortuner TRD Sportivo Facelift, Lebih Canggih?

Mengupas Fitur Keselamatan Toyota Fortuner TRD Sportivo Facelift Lebih Canggih

Popularitas SUV atau sport utility vehicle hingga saat ini masih belum mereda. Tak heran karena kendaraan jenis ini mengusung banyak keunggulan, sebut saja dapat digunakan di berbagai macam medan hingga dapat mengangkut banyak penumpang. Salah satu SUV populer yang banyak digunakan terlebih bagi kaum urban adalah Toyota Fortuner.

SUV yang hadir dengan ‘DNA’ khas Kijang Innova ini mulai muncul di Tanah Air pada tahun 2005. Seiring berjalannya waktu, Fortuner pun terus mengalami evolusi mulai dari hadirnya varian anyar hingga penyegaran untuk model tertentu. Salah satunya versi TRD Sportivo Facelift, yang mengaspal di Indonesia pada Oktober 2020.

Hadir Dengan Fitur Melimpah

Bukan tanpa alasan pihak Toyota menyematkan kata ‘facelift’ di varian satu ini. Pasalnya selain mendapat ubahan baik dari segi eksterior maupun interiornya, SUV gagah ini juga hadir dengan beragam fitur menarik contohnya fitur keselamatan dengan teknologi baru.

Mirip Dengan Fitur Toyota Safety Sense (TSS)

Terdapat beberapa fitur baru pada Fortuner TRD Sportivo Facelift, dimana fitur tersebut mirip dengan fitur yang ada di Toyota Safety Sense (TSS). Namun perbedaannya, fitur yang disematkan pada SUV ladder frame ini memiliki cara kerja lebih sederhana. Disebut lebih sederhana karena fitur pada versi facelift ini tidak melibatkan banyak sensor.

Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan empat buah kamera yang ada di setiap sudut yakni belakang, depan, dan samping. Dengan komponen tersebut, Fortuner versi facelift ini memiliki beberapa tambahan fitur seperti Headway Warning System, Moving Object Detection, Blind Spot Warning System, serta Lane Depature Warning.

Sehingga surround monitor ini tak hanya dapat membantu pengemudi ketika memarkirkan kendaraan saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Headway Warning System

Berkat adanya surround monitor ini, pengemudi dapat memantau apabila ada kendaraan lain masuk ke safety area mobil. Sehingga ketika nantinya terdapat objek yang berada di dalam safety area mobil, fitur tersebut akan memberikan peringatan dini kepada pengemudi.

Moving Object Detection

Tak hanya itu, teknologi canggih satu ini juga dapat melakukan moving object detection. Apa yang dimaksud dengan moving object detection? Yaitu dapat mengetahui dan medeteksi ketika terdapat objek bergerak di sekitar kendaraan Anda.

Blind Spot Warning System

Blind Spot Warning Sytem juga termasuk dalam salah satu fitur canggih yang dapat membantu pengemudi serta menjaga keamanan pengendara lainnya. Dimana Blind Spot Detection dapat mendeteksi objek yang berada di blind spot area kendaran.

Blind spot area sendiri berarti titik buta atau area tidak terlihat, sehingga maksud dari blind spot adalah area yang tidak dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan.

Lane Depature Warning

Keunggulan lain yang disematkan pada varian Fortuner satu ini adalah dapat melakukan Lane Departure Warning. Maksud dari Lane Departure Warning sendiri adalah agar dapat mendeteksi jalur yang dilalui oleh kendaraan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah mengenal masing-masing fungsinya, lantas bagaimana cara mengaktifkannya? Karena fitur tersebut tidak dapat berfungsi secara otomatis, pengemudi perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Caranya pada bagian head unit, pilih menu surround monitor. Nantinya akan terlihat surround monitor yang menampilkan visual mobil 360 derajat. Setelah mengaktifkan mode ini, seluruh manfaat yang telah disebutkan di atas dapat bekerja.

Contohnya ketika pengemudi menyalakan lampu sein, mode Blind Spot Detection akan aktif dengan menangkap gambar hasil dari surround camera. Sementara untuk mode Moving Object Detection yang terletak pada bagian belakang mobil, dapat aktif ketika pengemudi mengubah tuas transmisi ke posisi R.

Berapa Harga Fortuner TRD Sportivo Facelift?

Bagi Anda yang tertarik ingin kredit Fortuner tipe ini, berapa harga Fortuner TRD Sportivo Facelift yang dijual tiap unitnya? Siapkan kocek berkisar Rp 500 jutaan sebelum Anda dapat meminang SUV garang Toyota satu ini.

Namun apabila tertarik untuk membeli dengan metode kredit, Anda dapat menghitung simulasi cicilan dan minta penawaran terbaik di Astrido Toyota. Kunjungi website resmi Astrido Toyota untuk informasi dan promo menarik lainnya.

Itulah fitur keselamatan yang ada pada Toyota Fortuner TRD Sportivo facelift. Selain dari segi keselamatan, terdapat pula fitur canggih lainnya seperti fitur pintu belakang elektris, wireless charging, front seat power adjuster, electro chromic mirror, hingga rear seat entertainment with illumination.