Mudahkan Proses Pelaporan SPT Tahunan Anda Melalui Situs DJP Online

Cara Mengisi SPT Tahunan 2020 Melalui Online atau E-Filing, Login ke  djponline.pajak.go.id - Bangkapos.com

Setiap tahunnya bagi anda yang sudah memiliki penghasilan dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak pasti memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan. Proses pelaporan SPT tahuna tersebut dilakukan untuk membantu mengetahui perhitungan wajib bayar pajak dan juga objek kena pajak maupun objek tidak kena pajak yang ada miliki.

Biasanya batas akhir pemberian laporan SPT tahunan ini yaitu 3 bulan sejak tahun pembayaran pajak. Atau untuk lebih jelasnya peserta wajib pajak perseorangan harus memberikan laporan SPT maksimal pada tanggal 31 Maret. Sedangkan bagi peserta wajib pajak badan usaha wajib memberikan laporan SPT tahunan paling lambat pada tanggal 30 April di tahun tersebut.

Jika seseorang yang memiliki kewajiban memberikan pelaporan SPT tahunan tidak memberikan laporan melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka orang tersebut akan dikenai denda. Denda yang diberikan bertujuan agar kedepannya orang dengan wajib pajak lebih memiliki tanggung jawab dan juga kepatuhan terhadap kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Bahkan demi memberikan kemudahan kepada seluruh peserta wajib pajak dalam memberikan laporan SPT tahunannya. Pihak Direktorat Jenderal pajak pun memberikan layanan baru berupa DJP Online yang memungkinkan para peserta wajib pajak melakukan pelaporan SPT secara online tanpa perlu datang ke kantor pelayanan pajak terdekat. Dengan adanya layanan ini diharapkan ketepatan para wajib pajak dalam memberikan laporan SPT tahunan akan lebih tinggi.

Untuk bisa melakukan pelaporan SPT tahunan secara online, anda bisa mengikuti cara lapor SPT Online berikut ini:

  1. Pertama anda bisa mengunjungi situs DJP Online di http://djponline.pajak.go.id.
  2. Selanjutnya anda akan diminta memasukkan NPWP beserta kata sandi Anda. Kemudian isi kode keamanan dan klik “login”.
  3. Selanjutnya anda bisa memilih menu “Lapor” dan pilih layanan “E-Filing” kemudian pilih menu “Buat SPT”.
  4. Setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan yang harus anda jawab dengan tepat untuk mendapatkan formulir SPT tahunan 1770 SS. Jika benar, maka akan muncul kolom SPT 1770 SS.
  5. Setelah Formulir tersebut muncul di layar maka Anda dapat mengisi setiap pertanyaan yang ada sesuai dengan bukti potong pajak.
  6. Selanjutnya isi formulir yang berisi tahun pajak dan status SPT. Jika sudah, akan muncul ringkasan SPT dan pengambilan kode verifikasi. Klik “Di Sini” untuk pengambilan kode verifikasi.
  7. Setelah anda melakukan tahapan tersebut kode verifikasi akan dikirim melalui email atau nomor ponsel yang telah anda daftarkan.
  8. Selanjutnya masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan dan klik “Kirim SPT”.
  9. Secara otomatis, laporan SPT akan terekam dalam sistem DJP dan semua bukti penyelesaian laporan akan dikirimkan melalui email Anda.
  10. Anda pun sudah berhasil memberikan laporan SPT tahunan anda.

Itulah langkah – langkah yang perlu anda lakukan saat anda mengirimpakan laporan SPT tahunan anda secara online. Tapi yang perlu anda perhatikan sebelum anda bisa menggunakan layanan DJP Online atau E-Filling ini sebelumnya anda harus memastikan bahwa anda mempunyai nomor EFIN. Nomor EFIN ini sendiri bisa anda dapatkan secara online maupun datang langsung ke kantor pelayanan pajak.

Jika anda masih belum mengerti dengan cara pelaporan SPT tahunan secara online ini maka anda bisa memberikan pertanyaan melalui situs resmi DPJ atau anda bisa juga melakukan konsultasi langsung di kantor pelayanan pajak terdekat di daerah anda.