Mudahnya Cek Saldo JHT Secara Online Hanya dengan NIK

KSPI: Tak Boleh Ada Akal-Akalan JHT, Segera Cabut Permenaker Baru!

 

Saat ini Anda tidak perlu jauh- jauh datang langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan jika Anda ingin cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki, Ada bisa melakukan semuanya dengan cara yang sangat mudah karena bisa di cek secara online.

Dengan adanya layanan ini pastinya tenaga Anda tidak akan terbuang sia- sia. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mengetahui berapa saldo Anda kapan pun dan dimanapun. Cek saldo ini memang sering dilakuakn oleh beberapa orang supaya mereka bisa tahu berapa dana JHT dari BPJS ketenagakerjaan.

Seperti yang ada didalam peraturan pemerintah No. 60 tahun 2015 bahwa saldo JHT ini bisa Anda ambil sebanyak 10%, 30%, dan sampai 100%. Semua itu bisa Anda ambil tanpa harus menunggu usia dari BPJS ketenagakerjaan sampai 10 tahun atau umur dari peserta 56 tahun.

Jadi bagi Anda yang akan mulai pensiun Anda ini bisa mengajukan klaim saldo JHT sebesar 10% sampai 30%. Bagi Anda yang ingin tahu cara cek BPJS ketenagakerjaan dengan NIK untuk mengetahui seberapa banyak saldo yang Anda miliki yuk langsung simak saja beberapa cara yang ada di bawah ini:

  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan SMS, Anda bisa mengirimkan SMS ke nomor 2757. Sebelum mengirim SMS Anda harus mendaftarkan dulu diri Anda dengan mengirimkan SMS dengan format: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(jika ada). Jika sudah langsung kirim ke nomor yang tadi. Jika anda sudah terdaftar maka Anda bisa lansgung mengirim SMS lagi untuk tahu saldo Anda, ini dia format SMSnya: SALDO (spasi) no peserta kemudian di kirim ke nomor tadi.

  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi

Cara cek saldo yang selanjutnya adalah menggunaka aplikasi yang bernama BPJSTKU Mobile yang bisa Anda unduh di smartphone Anda. jika Anda sudah memiliki apikasinya Anda hanya tinggal melakukan registrasi supaya Anda bisa mendapatkan nomor PIN. Syarat untuk melakukan registrasi cukup mudah yaitu hanya membutuhkan nomor KPJ, NIK, Nama, dan tanggal lahir. Jika Anda sudah terdaftar dan sudah login Anda ini bisa langsung melihat saldo Anda pada menu yang ada di dalam aplikasi.

  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via website online

Cara yang terakhir Anda bisa melihatnya melalui website dengan mengunjungi halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Bagi Anda yang belum pernah daftar Anda ini harus melakukan registrasi terlebih dulu, ini dia caranya:

  1. Masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Pilih menu untuk registrasi.
  3. Isi formulir secara lengkao sesuai dengan data diri pribadi seperti Nama, Nomor KPJ Aktif, Nomor e-KTP, Tanggal lahir, Nomor ponsel, Nama ibu kandung, dan alamat email.
  4. Jika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan sebuah PIN.
  5. Nomor PIN ini akan di kirim melalui SMS dan juga Email yang Anda daftarkan.

Jika Anda sudah terdaftar maka Anda bisa langsung cek saldonya, ini dia langkah- langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Masukkan alamat email pada kolom user.
  3. Masukkan juga kata sandi.
  4. Setelah Anda masuk kemudian pilih menu layanan.
  5. Pada menu layanan, Anda bisa pilih cek saldo JHT.
  6. Kemudian masukkan PIN yang sudah dikirim melalui email dan juga SMS.
  7. Saldo JHT bisa langsung Anda lihat.

Nah itu dia beberapa cara mudah cek saldo JHT secara online hanya dengan menggunakan NIK!