Peluang Usaha di Saat Pandemi

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uang

 

Di masa pandemi tidak sedikit orang yang mencoba untuk memulai usaha, meski beberapa pekerja di beberapa perusahaan justru harus dirumahkan untuk sementara. Terdapat beberapa peluang usaha yang mungkin dapat kamu coba di masa pandemi ini seperti yang dilansir oleh berita ekonomi dan keuangan hari ini.

  1. Produk Kesehatan

Di masa pandemi seperti ini tentu saja banyak orang yang lebih menjaga diri dan peduli terhadap dirinya sendiri dengan menggunakan beberapa produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, suplemen, vitamin, dan lainnya. Nah, karena tidak sedikit orang yang membutuhkan produk tersebut maka tentulah produk tersebut dapat dijadikan peluang usaha kamu di masa pandemi.

  1. Layanan Pengiriman Makanan

Karena kekhawatiran tertular virus di restoran, atau beberapa tempat makan lainnya, kini sektor layanan pesan-antar makanan mengalami lonjakan permintaan. Pada tahun 2020, Indonesia memiliki pasar layanan pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara, dengan total GMV (Gross Merchandise Value) sebesar US$ 11,9 miliar. Untuk alasan yang sama, semakin banyak orang memulai bisnis makanan dan minuman yang tidak menawarkan layanan makan di tempat dan hanya menjual melalui platform pengiriman makanan. Tahun lalu, yaitu 750.000 perusahaan kecil bergabung dengan layanan pengiriman GoFood Gojek dan naik 50% dari tahun sebelumnya.

  1. Layanan transkripsi

Layanan transkripsi merupakan layanan untuk mendengarkan rekaman suara dan mendokumentasikannya ke dalam kata-kata tertulis. Kini telah dan terus menjadi bisnis unik yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan banyak industri. Terutama digunakan di bidang medis, layanan transkripsi adalah bisnis jarak jauh yang menarik. Industri yang menggunakan layanan transkripsi seperti Firma hukum, penyedia layanan kesehatan, peneliti pasar, podcaster, dan lainnya menggunakan layanan transkripsi untuk menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan mereka. Layanan transkripsi terbaik memiliki transkripsi berkualitas tinggi yang diedit oleh penutur asli bahasa Inggris untuk akurasi, ejaan, tata bahasa, dan data.

  1. Pengeditan dan konsultasi resume virtual

Di masa pandemi ini untuk pengusaha dengan minat dalam pembinaan dan konsultasi profesional, memulai bisnis pengeditan resume dan konsultasi virtual memungkinkan mereka yang memiliki pengetahuan tentang etiket profesional dan hasrat untuk membantu orang lain memonetisasi keterampilan dan tujuan mereka. Kemajuan dalam ruang digital juga memudahkan berbagi dan mengedit karya. Dana awal yang dibutuhkan sangat sedikit, antara Zoom dan alat digital berkolaboratif seperti Google Documents. Bisnis ini dapat menawarkan fleksibilitas, skalabilitas yang mudah, dan audiens yang hampir tidak ada habisnya untuk dipasarkan. Kamu dapat menawarkan janji konsultasi virtual dan tatap muka, memilih pekerjaan yang ingin kamu lakukan dan menemukan keyakinan bahwa seseorang akan selalu mencari pekerjaan dan membutuhkan bantuan resume.

  1. Mainan dan permainan edukatif

Untuk mempromosikan pemikiran analitis dan stimulasi kreatif, siswa dan orang tua sama-sama terus mencari cara alternatif. Bahkan setelah sekolah membuka kelas tatap muka atau pembelajaran hibrida. Pengusaha kreatif dengan hasrat untuk belajar memiliki peluang bagus untuk masuk dan mengisi celah di pasar dengan mainan dan permainan edukatif.

Orang tua mengungkapkan preferensi yang kuat untuk lebih banyak pilihan pendidikan dalam hal hiburan anak-anak mereka, karena anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar daripada sebelumnya. Membuat dan menjual mainan fisik atau game dan aplikasi digital yang memungkinkan anak-anak belajar sambil bersenang-senang akan menjadi kunci sukses di pasar ini.

  1. Produk buatan tangan

Toko online merupakan jalan terbaik untuk calon pengecer produk buatan sendiri seperti sarung tangan rajutan tangan, minyak zaitun yang diresapi, dan

banyak lagi. Maka peluang bisni di masa pandemi ini adalah dengan membuat produk buatan tangan dengan kreativitas yang kamu miliki. Perajin dan pengrajin memiliki peluang unik untuk membangun pengikut di media sosial seperti Instagram dan TikTok serta mengubah hasrat dan keterampilan mereka menjadi bisnis yang berkembang pesat.

  1. Tulis buku atau panduan yang dapat diunduh

Meskipun menulis satu buku tidak tampak seperti bisnis namun dengan menulis kamu juga dapat menjadi orang yang berpenghasilan. Tulisan yang kamu buat, bisa kamu terbitkan di berbagai platform menulis yang beberapa penulisnya mendapatkan pengahasilan. Kamu juga dapat dapat menerbitkan secara mandiri, bekerja dengan penerbit atau menjual secara online melalui media sosial atau situs web secara legal.

***

Nah itulah, 7 peluang usaha di saat pandemi. Selalu bersikap bijak ketika kamu ingin melakukan usaha ya.