Penyebab Kenapa AC Mobil Korea Tidak Dingin

Penyebab Kenapa AC Mobil Korea Tidak Dingin

Mengendarai mobil tanpa memakai AC ( Air Conditioner ) pastinya kurang lengkap rasanya. Pasalnya, AC mampu membuat suasana di dalam mobil yang panas menjadi terasa lebih sejuk. Namun, terkadang AC juga bisa mengalami masalah yang membuatnya tidak dingin. Ini beberapa penyebab kenapa AC mobil korea tidak dingin.

 

Di Bawah Ini Penyebab Kenapa AC Mobil Korea Tidak Dingin

  1. Thermistor Rusak

Thermistor merupakan singkatan dari kata thermo dan resistor. Thermistor ini mempunyai tanggungjawab untuk mengirim sinyal ke kompresor agar berhenti bekerja ketika suhu di kabin mobil telah mencapai temperatur yang sesuai dengan pengaturan AC. Tetapi, jika komponen tersebut rusak, tentu saja tidak akan terdapat sinyal yang dikirim kepada kompresor.

ac mobil korea

 

  1. Fan Belt Putus

ONDERDIL MOBIL Fan Belt di dalam AC berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin hingga menuju ke kompresor. Jika fan belt tersebut putus ataupun rusak, maka dapat dipastikan bahwa kinerja kompresor tersebut tidak akan optimal sebab tidak bisa memperoleh aliran putaran mesin. Jika kompresor tidak bekerja dengan maksimal, aliran freon menjadi tidak bersirkulasi.

 

  1. Penyumbatan Evaporator

Evaporator yang tersumbat kotoran maupun debu akan menjadikan aliran udara di blower terhambat. Jika aliran udaranya telah terhambat, maka akan mengakibatkan AC mobil korea tidak dingin. Memang, wajar sekali jika kotoran ataupun debu ikut masuk dalam evapor melewati hisapan blower. Akan tetapi, supaya tidak mengurangi kenyaman di dalam mobil, maka Anda harus rutin untuk membersihkannya.

 

  1. Sistem AC Kelebihan Tekanan

Sistem AC kelebihan tekanan menjadi salah satu penyebab AC mobil korea tidak dingin. Hati-hati jika Anda baru saja mengisikan oli di kompresor. Pasalnya, pengisian oli yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan dalam Freon AC. Jika tekanan telah meningkat, kompresor pun juga akan berubah menjadi panas sekali. Hal berikutnya yang dapat terjadi yaitu proses kondensasinya menjadi terhambat.

 

  1. Extra Fan Mati

Penyebab dari AC mobil korea tidak dingin yang selanjutnya yaitu extra fan yang mati. Jika komponen yang berada di depan kondensor tersebut mati, tentu akan berpengaruh dengan proses kondensasi. Padahal, kondensasi merupakan proses yang menyebabkan penurunan suhu dalam kondensor. Apabila extra fan ini tidak berputar, maka suhu tidak akan mengalami penurunan dan kabin dalam mobil terasa tetap panas.

 

  1. Kompresor Rusak

Jika misalnya saja kondensor mobil bersih, namun sistem pendinginannya tetap kurang terasa maka hal itu karena hanya angin yang keluar dari kompresor. Pemicunya dapat karena kompresor mengalami kerusakan. Cirinya yaitu sight glass warnanya hitam. Jika tanda tersebut muncul, itu berarti bahwa expansion valve atau receiver dryer tersumbat oleh debu atau kotoran.

 

  1. Kondensor Kotor

Jika bagian kondensor ini kotor, tentunya dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin karena hanya mengeluarkan angin saja. Untuk mencegah supaya kondensor tidak kotor, maka Anda wajib membersihkannya kotoran yang tertumpuk supaya bersih dan tidak mengakibatkan penyumbatan.

 

  1. Freon Habis

Supaya dapat berfungsi, maka AC memerlukan freon. Jika freon ini habis, ini berarti bahwa AC tidak dapat dingin serta hanya akan mengeluarkan angin. Oleh sebab itu, cobalah mengecek freon AC jika Anda tidak mendapatkan sensasi dingin dalam kabin mobil. Apabila freon memang habis, maka Anda dapat mengisi ulang dengan mengunjungi bengkel.

 

Itulah beberapa penyebab mengapa AC mobil korea tidak dingin.  Jika mengetahui penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah untuk memperbaikinya.