Sebelum Memilih Printer, Pertimbangkan Fitur-Fitur Ekstra Seperti Berikut

main image

source gambar : blibli.com

Printer digunakan untuk mencetak, tetapi sekarang ini kegunaan printer bukan hanya untuk mencetak dokumen saja. Ada beberapa produk printer terbaru yang memiliki fitur eksra lainnya, misal cetak dokumen bolak-balik, mencetak langsung memakai SD card, terintegrasi dengan smartphone, atau fungsi lain sebagainya.

Untuk informasi kali ini, kita akan cari tahu lebih jelas mengenai fitur-fitur ekstra pada printer tersebut. Sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memilih produk printer yang tepat.

  • Koneksi jaringan

Sekarang ini sudah ada banyak printer dengan Wi-Fi. Pengguna bisa mencetak baik itu dokumen atau pun foto langsung melalui ponsel secara nirkabel. Dengan begitu, Anda dapat mencetak lebih fleksibel di mana saja selama berada pada satu jaringan Wi-Fi dengan perangkat printer.

Tetapi disarankan memilih printer dengan kabel USB juga sehingga kalau jaringan Wi-Fi sedang berkendala, ada cadangannya.

  • Duplexing

Printer dengan fitur duplexing bisa melakukan scanning dan pencetakan melalui dua sisi dokumen secara sekaligus. Jadi tidak perlu lagi membalikkan kertas setiap scan dokumen lewat fitur printer ini.

Selain itu, penggunaan kertas bisa hemat juga karena bisa mencetak lebih mudah secara bolak-balik. Fitur printer ini dapat menghemat tenaga dan waktu sehingga lebih efisien.

  • Fitur transfer data

Jika sering mencetak dari kamera, atau smartphone, perhatikan fitur ini yang bisa mempermudah pekerjaan Anda. Bisa pilih printer dengan fitur seperti built-in memory, Bluetooth, PictBridge, cloud-base support dan sebagainya.

Dengan fitur seperti itu, bisa mempermudah mentransfer dokumen sehingga bisa dicetak langsung di printer. Tidak perlu lagi memindahkan dokumen ke laptop. Printer dengan built-in memory membuat Anda cukup dengan melepas kartu lalu masukkan ke slot yang ada pada printer.

Sedangkan pada produk printer dengan teknologi PictBridge, maka Anda bisa coba menyambungkan kamera ke printer menggunakan kabel USB. Fitur tambahan printer lain yaitu cloud-base support bisa mengirim hasil copy atau scan ke penyimpanan cloud.

Jadi Anda dapat melakukan transfer dari Cloud Print Google, Dropbox, OneDrive dan sebagainya langsung melalui printer Anda.